Thursday, October 16, 2008

Pernah berantem di Internet?

he...he.he...he..

Saya? Pernahlah....(bukan bangga loh!, tapi jujur).  Beberapa kali malah! (ya ampun Day!!!)

Pertama kali sama orang benar-benar tidak dikenal, gara-gara tulisan dia yang menurut pengertian / asumsi Saya koq kurang adil /obyektif. Yang ada Saya dan dia balas-balasan PM beberapa kali, dia ngotot dengan pendapat dia, Saya ngotot minta dia terima pendapat Saya....

Terakhir Saya cuma bilang 'Udah ya, cukup disini, Saya capek.' Putus hubungan. (putus cinta kaliii???!!!)

Kedua, adalah......(ada dweh.....)

Saya perhatikan, lebih mudah salah paham di dunia maya dibanding dunia nyata. Kenapa? Kecuali kita kenal satu sama lain, lebih sering kita kan cuma 'membaca' luar dari seseorang.

Yang kita 'tahu' hanya foto dan tulisan mereka. Memang sih, kadang dari tulisan kita bisa sedikit meraba-raba karakter seseorang, tapi tetap saja berbeda dengan kenal langsung. Misalnya kalau kita baca tulisan seseorang dalam bahasa Inggris yang kacau balau tata bahasanya, kita bisa tahulah...oh ini orang tidak bisa bahasa Inggris tapi nekat.....

Selebihnya agak susah, karena tulisan kadang tidak 'berperasaan', tidak berintonasi, seperti kalau kita berbicara, jadi tidak jarang kita yang membaca tulisan seseorang bisa salah mengartikan maksud tulisannya...

Dan ini sering terjadi. Maksud hati X, dibaca A.

Saya sendiri sebetulnya tidak mau 'bertengkar' di internet, cuma kadang tidak terhindarkan....(ngeles ya?????)

Akhirnya ini kesimpulan Saya yang Saya tarik dari pengalaman pribadi ...

1. Ingat-ingat, yang kita lihat/tahu di internet adalah 'luar' dari seseorang....

2. Kecuali Anda tahu secara pribadi orang ybs, sebisa mungkin kasih tanggapan yang 'netral'.

3. Tulisan yang Anda baca mungkin bukan yang Anda mengerti... jadi kalau kira-kira pengertian Anda beda, mmm...tanya lewat PM dulu kali yaa...sebelum majang di publik...(meskipun ini bukan berarti mencegah pertengkaran lewat PM... )

4. Mm..apalagi ya..mmm....kalau tulisan seseorang tidak berkenan atau Anda punya pendapat lain....lewat PM saja deh..(lebih enak cela-celaannya...lho?????!!)

Sudah dulu yaaaa!!

DAMAI!

 

27 comments:

  1. hehehee.. iya ya mba Day... kayaknya jadi lebih sensitif kalau di dunia maya.. ;)

    ReplyDelete
  2. Sedang banyak yg sensitif nih Day....daku pernah krm PM tapi ga dibalas2 duh bingung... dan keluar2 dalam bentuk Blog yaah gimana dong udah berusaha bertanya via PM tapi tak terbalas hiks...padahal aku ga pernah mau cari musuh di MP ini Day...

    Duluuu aku diberitahumu ada seseorang yg pintar membuat kartu spt aku...aku ajak beliau kenalan...aku kagum sama karya2nya seratus persen aku kagum karena beliau pintar memadukan warna2 menjadi kartu yg indah2...aku belajar memadukan warna dengan memamandangi foto2nya...tapi daku salah lagi..karena daku menurutnya selonong boy keluar masuk MP dia tanpa ijin...ooh apakah jika dibuka utk everyone aku dilarang masuk...ok aku minta maaf PM dan email ke beliau...kami berbaikan lagi..
    Kemudian...aku ikutan salah satu event...dan ada satu kartuku yg menurut beliau miriiip sama karyanya...aku krm PM dan email lagi aku minta maaf jika itu mengganggu dan menyakiti hatinya...tapi aku dihapus dari kontaknya beliau...ok aku tunggu hingga reda kemarahannya baru aku add beliau kembali...
    Tapi akhir2 ini beliau bener2 marah dan kesel padaku sampai blog beliau isinya koq membahas karya dan cara menulisku di Blog aku...oooh aku ga tau maksudnya apa...apakah beliau begitu dalam sakit hatinya....aaah aku ngga mengerti Day...

    aku ya aku orangnya begini... kalau aku ada salah aku coba meminta maaf...kalau ngga diterima maafku ya mohon ngga usah dibahas terus...karena dengan dibahas terus aku menjadi ngga ngerti maunya beliau bagaimana (mau berbaikan apa mau terus membahas kekuranganku??)...mustikah aku bertemu beliau dan sembah sungkem padanya...andai dekat akan aku lakukan Day...tapi beliau jauuuh...hiks...

    Untuk beliau...aku mohon maaf dan bila memang aku ga cocok menjadi temanmu lupakan aku saja dan ngga usah diperpanjang dengan blog demi blog yg ditujukan utk aku MR ini...juga aku minta maaf jika mungkin karya2ku banyak mirip2 karya anda krn spt kusebutkan diatas aku kagum sama karya anda dan mungkin salah satu dua atau tiga nyantol di otakku dan keluar dihasil karya aku...mohon aku dimaafkan dan lupakan aku saja bilau dikau rasa aku ini spt layaknya rival...atau pencontek karyamu..dan aku ga akan liat2 lagi karya2 anda semoga otak aku bisa bersih dan ngga meniru karya2 anda lagi...

    Sekian ya Day aku sudah tuangkan di MP kamu krn beliau jg kontaknya Dayang...pliiis ga usah dihapus ya Day...

    ReplyDelete
  3. aduuuhhh pusing day...pusinggg.....
    makanya ya day, kayak prinsip kita deh ya, jangan terlalu deket sama orang yg kita kenal lewat internet kecuali kalo kita memang udah kenal sama mereka sebelumnya luar dalam....
    salah omong, langsung bisa jadi perkara....
    sayangnya di internet orang nggak bisa bertatap muka, jadi kalo mau ngejelasin pun juga ya percuma aja..... yang ada sama aja kayak 'ngomong sama tembok'
    karena internet juga bisa jadi ajang 'fitnah/adu domba'..... internet jadi bisa kenal sama orang yg 100% salah....
    gue bilang orang yg marahan/berantem lewat internet itu adalah pengecut.....
    makanya mendingan kayak kita lah day, jangan terlalu banyak log in terus2 an di mp hahahahaa....
    kayak nggak ada kerjaan aja sih nongkrongin internet mulu yaks....
    (*udah sana off dari internet - kan elo belom ngepel, masak, laundry dll.........*)

    Piece eh salah Peach eh salah juga deng maksudnya PEACE...... ;-)

    ReplyDelete
  4. hhahahhahahhaha itu hal yg biasa Dy. Dah kenyang deh ma yg ginian. Sabar ya Dy itulah warna warni hidup *ambil istilah teh atiek*

    ReplyDelete
  5. mungkin mending ngga usah comment kali ya Day sama blog orang yg ngga begitu kita kenal atau cuma kenal di internet aja soalnya daripada kita comment trus bikin sakit hati orang, suse juga, at least jawabnya sambil becanda2 aja ngga usah terlalu serius. Mending main sama anak deh Day atau ngeronce kaya elo, ya ngga?...;-)

    sekian dan terima kasih :D

    ReplyDelete
  6. Setuju sama Tuni, anggap aja warna warni kehidupan!

    Dan kalo gue sih, mendingan putus hubungan sama nyamuk, capek! Daripada berbalas pantun (yang satu gak mau disalahin, yang satu udah keburu sakit hati) malah jadi panjang urusan, dan yang ada malah semakin terlontar kata2 yang menyakitkan, mendingan stop saja sampai disini.

    Anjing menggonggong kafilah berlalu bow. Pada akhirnya kebenaran akan terungkap juga, walaupun gak perlu diucapkan dengan banyak kata2. Banyak kata2 yang ada kuping jadi panas, dan jadi pedas! Tau sendiri dong, cewek kan mulutnya dua! kekekekekekekekek...

    ReplyDelete
  7. duh, day....itu mah biasa.....namanya juga blog dewean, yah jadinya semuanya gitu deh...cuman ada juga sih yg ngeselin dan gk mau kalah...gue mah biasa aja lagi, mending ngalah aja dulu dgn komentar2 org lain, kan gw juga gk kenal ama orgnya...hehehe....cuman kalo udh gitu mah di delete aja kalo msh ngeselin ama sok tau benerrrr.....hehehe....sblm kenal lebih dekat, mendingkan menghindar aja duluan...hehehe..males juga nambah musuh.....;-)


    piss!

    ReplyDelete
  8. Sama mas....males nambah musuh.....mauku berteman nambah kawan ikutan event2 ...tapi kalau yg punya gawe marah besar ...mau gimana doong masa maksa2 ikutan... ya udah mundur dulu ajah...ngga mau cari musuh jg saya koq.... :-)

    ReplyDelete
  9. kayaknya ada yg tersirat nih dati komentator temen2nya dayang.......


    duh, hare gene deh , abis lebaran...ayo pada maap2an deh, hehehe....ini situs bebas, byk org liat..kalo mo gak dijiplak atau dikopi ama org, disimpen aja sendiri ... ini thn 2008 jack!..bukan thn 1800 yg ide itu baru segelintir aja yg punyaaa.......masa seh karya org gk boleh mirip..kalo sama persis bgt mah yah itu baru keterlaluan deh ...... yg moto monas juga banyak, cuman kan pasti ada perbedaannya juga..secara monas cuman gitu2 doang....hehehe...tergantung sapa yg paling bagus aja deh dan selera org juga beda2........untung jauh, kalo deket, gue jitak luh!

    ReplyDelete
  10. Tul tuh.., kalo nanggapin topik2 yang agak2 menjlimet, baiknya kasih tanggapan netral aja.., kecuali emang dah siap berdebat, boleh dah tuh.., cuma kadang2 yang aku liat banyak yang ujung2nya marah2, yang parah kadang bisa sampe ngungkit ke masalah pribadi, yang sebenernya mana sih kita bisa tau pribadi seseorang, wong cuma ketemu di dunia maya. Tapi emang bener kadang nga bisa dihindari, contohnya kalo ada komentar2 nyebelin.., kalo aku biasanya tak delete aja..,terus tak blokir dah..beres!!!

    ReplyDelete
  11. Paling mbung nanggeping orang yg gak menerima perbedaan, apalagi kl udah mulai melakukan personal attack, mending ngacir dah. Karena ini dunia maya,,, kl gak begitu kenal banget sama orangnya(melalui info pribadi dan tulisannya di MP) mending aku jaga-jaga jarak ajja, bila perlu ngintip ajja tanpa ningalin koment.Tapi lewat MP juga aku bisa nemu temen yang kemudian udah aku anggap kaya saudara sendiri, bisa sharing segala macam lewat PM, meskipun belum pernah ketemuan

    ReplyDelete
  12. setuju Tet....
    G juga gitu lah...kecuali G kenal pribadi, G mending ngintip aja, gak ninggalin komentar....daripada komentar G bikin sakit ati, ato salah pengertian...:)

    Meskipun juga spt yg elo tulis, lewat MP bukan gak mungkin kita ktm sahabat sejati...iya gak??!! :)

    ReplyDelete
  13. yoi...gak usah kasih sampe kotbah gitu yah... :)

    ReplyDelete
  14. G juga sih Lan..emang kayaknya kejem ya, cuma buat G, daripada ybs tetep nyangkut di kontak G, dan tiap kali ybs kasih komentar, yg ada pasti G cela mulu...bikin dosa kan?? mending putus dweh...... :)

    ReplyDelete
  15. iyee Mel..G juga kapok. Krn ternyata gak semua orang mau terima pendapat berbeda.... :)

    ReplyDelete
  16. lo koq kayak iklan gitu Wit?? :)
    pis men...

    ReplyDelete
  17. Pernah.... Baru sekali dan kapok deh.. hehehe

    Yang penting kayaknya kita kudu sadar kalo bahsa tulisan dan bahasa lisan itu beda banget. Satu kalimat kalo dibaca dengan intonasi berbeda bisa beda arti kan...?
    Dan blog itu media komunikasi yang gak bisa kita batasi siapa aja yang bakal baca (kecuali kalo diset private yah). Lebih baik hati hati milih tema yg gak menyinggung orang lain.

    ReplyDelete
  18. Bener banget...
    kalimat kadang tidak berperasaan, lain dengan ngomong langsung ya....

    ReplyDelete
  19. temen elo jadi pada curhat Day, hihihi...., lega degh semua uneg2 udah keluar ;-)

    ReplyDelete
  20. dulu pernah berantem hebat dgn seseorg di dunia maya krn tu org kagak kece kagak tajir tapi kelakuan sok, tapi ternyata....percumaaaaa tak bergunaaaa...huhahahaha. Buang2 wkt, mana gak kenal nyata pula! ampunnnnn gobloknya gweeeee!!!!

    ReplyDelete
  21. hua...ha...ha..ha...
    G yg kayak gitu ketemu di dunia nyata bo!!! ;p

    ReplyDelete
  22. Aduh rame yah ngebahas nya .. he he he .. take it easy aja Mbak Dayang

    ReplyDelete
  23. kalo gue dibilang berantem sih kayanya blom, tp krn gue aktif di milis tertentu, suka ada diskusi terbuka disitu .. dan gue orangnya berani ngomong ato nulis hal2 yg kalo di dunia nyata mungkin gue bakal diem aja. Dr situ sempet bbrp kali jd ada beda pendapat, tanggep2an, and so on. Dibilang berantem ya bukan, dibilang bukan, ya ada perbedaan pendapat.

    Mnrt gue beda pendapat sih sehat2 aja .. malah gue seneng kalo ketemu "lawan"nya, orang yg brani say their opinion, trus juga kasih penjelasan kalo misal ada yg nge-challenge itu opini, etc banding orang yg lebih milih dgn attitude "apa kate loe deh". Mungkin krn gue emang seneng diskusi jg kali ya, terutama di dunia milis lho (bkn MP), krn kan kita jg jd bisa belajar byk.

    Yg gue anggep orang "pakar diskusi" or orang yg asik, yg ga dimasukin ke hati .. biar kata diskusi sampe dalem, same kemana2, tp tetep tau, kalo nothing personal. Selesai itu bahasan, kita move on, dan mungkin di topik lain akan sependapat, walo bkn ga mungkin ya bakal beda pendapat lagi.

    Ga byk orang yg punya skill itu (bisa diskusi dgn dewasa) .. kecenderungan yg gue liat, kalo mrk "merasa" diserang, trus jd childish, reaksi kemana2 (melenceng dr bahasan) .. kalo ngadepin orang begitu gue emang cenderung jg jd less antusias utk diskusi.

    ReplyDelete
  24. kebanyakan yg g temuin sih agak2 emosi pendapatnya diserang..
    sampe bilang 'how dare you to ask me to consider your opinion, while you dont even consider mine!'

    lah...g bingung, padahal G disitu cuma bilang 'for your information, this is from our point of view.....'

    walaGH..kapoks!

    ReplyDelete
  25. berantem disini definisi G, dimana pihak2 ybs gak mau akui kebenaran ato menerima pendapat pihak lain.

    misalnya dengan bilang 'bener juga sih elo'...ato 'o iya, G salah, maaf ya'..ato 'oh, maksud elo gitu ya, G salah ngerti donk'..ato 'ada benernya juga kata elo...'

    kalo tanggapannya semata2 ngotot ttg pendapatnya sendiri, itu g kategorikan berantem....he..he..he...jadi males ngebahas lebih lanjut................ ;)

    ReplyDelete
  26. Beda pendapat ya normal, namanya juga beda2 orang.

    cuma emang kan jarang orang yg mau 'akui' /dengar / baca pendapat orang lain.

    G juga paling males ketemu orang yg 'apa kate loe deh', tapi males juga ketemu orang yg 'kata suami G.....' (kata dirimu sendiri gimana???) :)

    ReplyDelete