Thursday, October 16, 2008

Dikritik bikin sebel?

Jujur, iyalah!

Mangkel, sebel, malu, keki, ujung-ujungnya 'ngeles' dweh!

Diperlukan hati yang SANGAT BESAR untuk menerima kritik dengan LAPANG DADA. Dan tidak semua manusia punya hati besar (termasuk Saya!)

Tapi......

Coba dipikir-pikir lagi..........

Lebih mudah untuk seseorang bilang 'Aduh cantiknya', 'bagus', 'keren' tentang kita / karya kita. Semua orang juga bisa bilang begitu.

Yang susah adalah bilang ke seseorang 'Duh, tulisan kamu ngaco', 'Fotomu koq jelek-jelek ya?', 'Kalungmu ngebosenin', 'karyamu kurang greget', 'Aku gak suka makananmu!' dan lain lain.

Hayo siapa yang berani bilang seperti itu ke orang lain?? JARANG kan?? ada yang berani ngacungin tangannya? (eh percuma juga, Saya tidak bisa lihat!! )

Kalau semua orang hanya berani bilang yang bagus-bagus ke kita, mana kita tahu kalau ternyata kita/karya kita payah?

Kalau semua orang hanya bilang yang bagus-bagus ke kita, mana kita tahu kalau makanan yang kita buat bikin orang mau muntah misalnya???!!

Kalau tidak ada berani orang yang bilang apa adanya, kapan kita memperbaiki kesalahan kita?

Bohong besar kalau Saya bilang Saya senang di kritik! Beberapa kali teman Saya mengkritik kalung buatan Saya, ya Saya kheki, sebel, malu. Dan langsung bikin 'sejuta alasan' untuk menutupi 'kemaluan' Saya....

Tapi dalam hati Saya berterima kasih ada orang yang berani bilang terus terang ke Saya..(selain itu sih, memang Saya pribadi kenal dengan orang ybs, jadi Saya tidak ada prasangka apa-apa, kalau orangnya kurang Saya kenal, teuteup mangkel dweh...ha.ha.ha.....)

Intinya.....

Kalau Anda dikritik....coba tidak usah 'ngeles', terima saja dulu....(ini berlaku juga buat Saya lhooo!!)

Atau kalau tidak tahan, mungkin bisa bikin 'disclaimer' : 'Kritik boleh, tapi di PM saja yaaaaaaaaaaa!!'

Atau bikin daftar teman-teman (yang kenal 'luar dalam' dengan kita) yang boleh mengkritik....

 

12 comments:

  1. karena banyak orang over reaction pada saat di kritik *bruntunglah kalo masi punya teman yg mo mengritik day*


    ReplyDelete
  2. bener banget Dhie!!
    makanya G bilang kan, kalo semua orang cuma bisa bilang yg 'manis'2, kita terbuai terus dweh.....(padahal gebluk misalnya...) :)

    ReplyDelete
  3. day....perkataan sahabat karib bisa pedas sepedas cabe rawit tp niat dibalik itu yg harus dihargai!

    ReplyDelete
  4. kl ada y kritik artinya diaperhatian ya kan mba? ;)

    ReplyDelete
  5. kl ada y kritik artinya diaperhatian ya kan mba? ;)

    ReplyDelete
  6. Akuuu aku berani bilang gitu ...krn aku mau komentar jujur....aku pernah bilang jujur (krn sifatku yg kaya anak Tk suka bicara jujur suka keceplosan....) about masakan teman....temannyya ngambeeek dan ga mau temenan lagi sama aku hiks...padahal aku ngga maksud nghina dia tp aku mau kasih tau sejujurnya...kalau aku kurang suka masakan tsb Day...yaah satu lagi teman yg ga cocok sama aku Day... :((

    Dan Dayang pernah kritik kartuku ....aku terima...(walau awalnya sdkt mangkel) tp ada benernya kritikmu jadinya akhirnya aku perbaiki kartu tsb dan jadinya lebih sederhana ngga terlalu rame makasih ya Day mau bicara jujur sama Monik...kiss n Hugs

    ReplyDelete
  7. Kritik yang membangun itu bagus banget, didalam kehidupan professional gue (sebelum jadi ibu RT gak jelas kaya sekarang ini) setiap hari gue bergelut dengan kritik dan kritik dan kritik. Maklum, gue dulu berkarya dalam bidang advertising dan marketing communication, jadi kalau mempresentasikan karya advertising ke client, ataupun pas jadi client dipresentasikan karya advertising dari agency, pasti selalu ada kritik2 yang terlontar, selalu! Jadi kritik membangun yang pas dengan konteks dan dengan argumen yang jelas dan masuk akal itu bagus banget! Gue suka!

    Having said that, gue juga bisa membedakan mana kritik yang membangun sama kritik yang bersifat sirik atau kritik yang gak berbobot (pokoknya asal bisa ngritik), sama kritik yang sifatnya menyerang orangnya daripada karyanya, atau bahkan kritik yang sifatnya asal menjelek2kan (karena tidak disampaikan secara langsung, hanya ngomongin dibelakang)

    Nah, jujur aja, gue kalo ketemu sama orang yang model kritik gak jelas kaya diatas, itu mah sorry to say aja, gak rugi gak bertemen sama model orang kaya gitu. Seperti kata lo Day, mending berteman dengan orang yang sedikit, tapi gak berniat jahat sama kita, gak ngeselin, dan senang kalau melihat kita maju. Gitu menurut gue.. sorry kalo kepanjangan :))

    ReplyDelete
  8. duh, gw mo bilang apa neh...duh, tetep deh gk enak jadinya..tulisan elo kok gini sih day.....pasti deh elo lagi bener2 jengkel ama seseorang...iya kan...duh, ama gue yah.......;-(
    gw bilang bagus yah bagus day...kalo kurang bagus juga gue bilang....drpd keduluan org lain, hehehe...kan gk semua org seleranya sama day......;-)..maap yah...;-)

    ReplyDelete
  9. aduh plis deh Nuk...
    G emang lagi mangkel, tapi bukan sama Elo koq! peace man! ;)
    G kan salah satu yg kenal g 'nyata' bukan cuma lwt internet, jadi semangkel2nya G sama elo....G tetep ngarepin komentar elo!! ;)

    ReplyDelete
  10. BETULLLLLLLLLL!! tapi gak semua orang sadar....;)

    ReplyDelete
  11. kritik bolehhhhhh...asal didasari dgn hati yg tulus pasti diriku terima (dgn rada2 kesel juga sih...lol). Wong buat kebaikan kok. Plus ngasih saran. Tapi seringnya kritik didasari oleh "rasa cemburu/iri"plus kagak ngasih saran bagusnya gimana. Nah itulah yg bikin hati empet, pengen gwe tabok n jedotin tembok...huhahahaha.

    ReplyDelete
  12. he...he..he....sama donk, emang pahit ya..tapi masih mending lah, ada yg perhatiin.. :)

    ReplyDelete